Bola Beton di Atas Rel Dinilai Langgar HAM??

Posted on


“Penerapan bandul beton untuk penumpang atas atap ini melanggar hak asasi manusia,” kata Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta Azas Tigor Nainggolan, Selasa (17/1/2012) di Jakarta.

Selain itu, pemasangan bandul beton ini juga membahayakan keselamatan penumpang. Tidak hanya itu, jika terjadi sesuatu hal yang kemudian merugikan penumpang maka imbasnya dapat dipidanakan. “Itu membahayakan penumpang dan (bisa) dipidana,” kata Tigor

sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2012/01/17/22574096/Bola.Beton.di.Atas.Rel.Dinilai.Langgar.HAM

 

Kalimat di atas adalah sepenggal potongan berita di Kompas. Saya sangat menyayangkan kalau komentar tersebut disampaikan oleh orang bertitel “Ketua Dewan Transportasi Jakarta”. Seorang ketua sebijaknya berpendapat dengan menggunakan akal rasionalnya. Saya merasa sangat aneh, orang yang seharusnya sangat paham dengan keadaan transportasi di Jakarta malah berpendapat seperti itu.

Tanpa menggunakan payung hukum apapun, kita harusnya paham kalau menaiki atap kereta api adalah tindakan berbahaya. Apalagi ada undang-undang yang mengatur soal keselamatan menggunakan KA (Undang-Undang No 23 Tahun 2007). Jika kita lengah sedikit saja, kita bisa jatuh. Kereta api yang sering keluar masuk terowongan bisa saja membuat kita ‘kejedut’. Sengatan listrik tegangan tinggi di KRL tentulah sangat berbahaya. Akibat yang paling fatal adalah kematian.

Saya merasa bingung Hak Asasi Manusia manakah yang dilanggar dengan penggunaan bola beton di atas kereta? Dan KUHP mana yang dilanggar sampai-sampai memasang bola beton bisa dipidana? Saya akan sangat tertarik jika ‘beliau’ bisa menjawab.

 

Iklan

One thought on “Bola Beton di Atas Rel Dinilai Langgar HAM??

    masadit said:
    20 Januari, 2012 pukul 8:55 am

    Setuju bang. Mereka yang bertengger diatas KA itu sbenarnya sudah duluan melanggar HAM mereka sendiri. Mana yang katanya dipidana, ga ada kabar tuh.. Masyarakat akan bertambah bebal jika para eksekutornya tidak mampu untuk tegas menjalankan tugasnya. Cukuplah dilembutinnya. Saatnya dikerasin!

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s