Analisis Mengenai Windows 8

Posted on


http://alfredoelectroboy.wordpress.com/2011/05/25/windows-8-segera-rilis-2/

Ketika saya membaca postingan ini, wow.. Saya cukup salut dengan niatan microsoft untuk membuat OS yang bisa berjalan di tablet. Saya jadi kepikiran beberapa hal :

Bagaimana desain GUI windows 8 nanti?

Apakah desain untuk tablet dan PC/laptop akan berbeda?

Bagaimana sisi keamanannya?

Nanti software yang ada sekarang compatible ga ya?

itu adalah sekelumit pikiran-pikiranku soal OS Windows 8 nya Microsoft yang rencana nya akan dirilis tahun 2012. wahh bentar lagi ya, padahal rasanya windows 7 baru saja keluar dan masih banyak orang yang belum pindah ke OS ini. di kantor saya pun rata-rata masih lebih nyaman menggunakan windows XP karena dirasa lebih familiar.

Saya melakukan sedikit googling dan analisis sederhana untuk memuaskan rasa keingintahuan pribadi. Hasil googling dan analisis itu saya uraikan di point-point di bawah ini.

  • Dari segi tampilan, Windows 8 sepertinya akan lebih bergaya tablet, mungkin bisa saya katakan Microsoft akan meniru fitur-fitur tablet yang ada di Android tablet semisal weather widget, email integration dan social network.  Saya tampilkan hasil googling saya mengenai bocoran GUI windows 8 nantinya.
Dari bentuk logon page nya saja sudah terlihat rasa tabletnya
home screennya diusahakan enak dipakai untuk PC tapi tetap nyaman untuk tablet

Saya sebenarnya tidak bisa memastikan gambar di atas memang betul gambar calon Windows 8 atau hanya sekedar gambar sotoshop dari orang iseng, tapi yang Saya tahu dan pernah lihat, memang sudah ada desain windows 8 yang bocor di luaran sana, tapi memang masih menggunakan kernel windows 7.

  • Desain untuk tablet dan PC yang pastinya akan berbeda. Kita tahu PC didominasi oleh prosesor berarsitektur X86 buatan Intel maupun AMD yang berbasis SISC sedang tablet yang ada saat ini didominasi oleh prosesor ARM (buatan Qualcomm, Samsung, Nvidia dll) yang berbasis RISC. Apa beda nya? mungkin secara singkat dijabarkan seperti ini

Characteristics of a RISC architecture:

  • Emphasis on software;
  • Single-clock, reduced instruction only;
  • Uniform instruction format, using a single word with the opcode in the same bit positions in every instruction, demanding less decoding;
  • Identical general purpose registers, allowing any register to be used in any context, simplifying compiler design;
  • Simple addressing modes. Complex addressing performed via sequences of arithmetic and/or load-store operations;
  • Typically larger code sizes;
  • Few data types in hardware;

Characteristics of a CISC architecture:

  • Emphasis on hardware;
  • Includes multi-clock complex instructions;
  • Small code sizes;
  • Complex data types in hardware; some CISCs have byte string instructions, or support complex numbers;

Membuat OS untuk dua kriteria prosesor yang sangat bertolak belakang tentulah tidak mudah. Mungkin ada yang berpikir, “Tinggal di-compile saja dua kali, satu di ARM, satu di X86, hehhee”. Dulu Saya juga berpikir seperti itu, tapi hidup tidak seindah kelihatannya :p Dibutuhkan konsep dasar yang matang dari sisi arsitektur OS agar gampang untuk membuat Operating System yang bisa berjalan baik di banyak platform.

 

  • Selain perbedaan arsitektur, prosesor ARM dan X86 memakan konsumsi daya yang berbeda. X86 saat ini masih memakan daya yang > 50 watt, itupun hanya di kelas prosesor Ontel Atom. Sedang Prosesor ARM kita tahun hemat daya. OS yang baik harus bisa mengelola daya dengan baik, mungkin harus difokuskan ke tablet karena menggunakan batere dengan kapasitas yang lebih kecil dibanding PC/Laptop.
  • Masalah lain yang Saya rasa berat untuk diatasi oleh Microsoft adalah bagaimana membuat OS nya berukuran kecil sehingga tidak memakan banyak memori. Lihat saja Microsoft XP yang CD installer nya saja berukuran 500MB dan sekitar 5 GB setelah diinstall. Windows 7 lebih parah dengan installernya saja hampir 3 GB dan sesudah diinstall hampir 10GB. Di sisi lain Android hanya membutuhkan 300MB untuk installernya dan sekitar 500-700MB setelah diinstall. Bayangkan jika kita mempunyai tablet yang ‘hanya’ berdayatampung 64GB. Habislah sudah isi memori kita untuk menginstall Windows. Nah, jika Microsoft ingin membuat OS nya bisa diterima di tablet. Engineer nya harus bekerja keras memangkas komponen-komponen yang tidak perlu agar ukurannya menjadi kecil dan pas untuk tablet.
  • Untuk masalah compatibility, jika Microsoft masuk ke ranah tablet, maka mereka harus bisa memastikan software-software yang dikembangkan oleh komunitas PC bisa berjalan juga untuk tablet dan sebaliknya.
  • Dari sisi keamanan, Kita pasti sudah familiar dengan seberapa gampang nya Windows diserang virus. Nah bagaimana sistem keamanan yang akan mereka buat nanti untuk windows 8?Saya juga tidak tahu, hehehe kita lihat saja nanti

 

Mungkin ini dulu yang bisa Saya tulis di sela-sela kerjaan di kantor, hehehe

Saya juga penasaran gimana Windows 8 nantinya, meskipun Saya lebih suka memakai Linux dan Android sebenernya 🙂

Apa komentarmu?

