Glossary

Posted on


Dari dulu sejak masuk sekolah. Masalah yang selalu muncul pas proses belajar adalah kapasitas otak aku yang terbatas  (_ _ “). Dengan kata lain sulit menghapal sesuatu.  Kalau pembahasan waktu belajar sudah nyerempet-nyerempet istilah, singkatan atau definisi yang aneh-aneh, aku langsung bengong. “Ni orang ngomong apa ya?”. Jangankan istilah aneh, nama orang aja aku suka lupa kalau sudah lama ga ketemu. Aku dulu pernah nulis juga di postingan 10 things about me, salah satu pointnya adalah kelemahanku dalam mengingat nama orang, doohhhh..

Jadi, tolong sebisa mungkin jangan tanya aku soal definisi A, B, C sesuai kamus. Mungkin walaupun aku tau, aku sulit menjelaskan definisi nya sesuai KBBI atau Oxford Dictionary, aku akan lebih mudah menjelaskan dengan bahasaku sendiri, dengan sedikit tambahan analogi dan contoh-contoh yang kadang ga nyambung bahkan bisa ngaco juga, hehehe

sekarang sejak masuk ke Samsung, kebetulan Job desc ku di bagian PCB artwork, ya itu istilah keren buat orang yang kerjaannya mendesain PCB (Printed Circuit Board). Setalah bekerja pun aku masih menghadapi masalah yang sama, sulit menghapal. banyak istilah-istilah internal Samsung atau istilah umum yang aku lupa atau bahkan baru dengar. Misalnya saja BGA, DRC, SMD, EDA dll lah. kamu tau artinya?ga juga?hehehe. sama kita. Setelah aku pikir, mungkin akan lebih baik jika waktu aku mendengar istilah yang baru dan aneh, sebaiknya aku tulis di blog dan aku share, selain berbagi ilmu, nanti kalo aku lupa dengan istilah itu, aku tinggal search aja di blog ku sendiri, hahahha

Kali ini aku akan berbagi 3 istilah yang sangat technical dan berkaitan sekali dengan pekerjaanku sebagai PCB designer

  • SMD : Surface Mount Device. These electronic components mount on top of the PC board rather than using holes through the board. They may be square or rectangular with pins on 2 sides or all 4 sides
  • BGA : Ball Grid Array. A type of memory chip (package type) that is directly mounted to the module by solder balls found on the underside of the chip. This direct mounting allows for a smaller chip size
  • DRC : Design Rule Check. A process, typically fully automated by the layout EDA software that check a layout for fabrication feasibility based on a built in knowledge base.
Pada kesempatan lain, aku akan ngejelasin lebih detail tentang istilah-istilah di kerjaan yang aku tau, disertai gambar-gambar dan penjelasan ilmiah sebisanya. sekarang mau nerusin desain HTS (Home theater system) ku dulu ya, ciawww..
Iklan

2 thoughts on “Glossary

    defi said:
    20 Juli, 2011 pukul 2:57 pm

    q juga mengalami hal yang sama kayak mas. sangat suliiiiiiiiiiiiiiitttttttttttttttt mengingat istilah2 maupun nama orang. jadi kadang saya sulit berbicara :(.
    Memang menulis adalah salah satu solusi. tapi kan tak sewaktu2 kita terus memegang leptop? adakah solusi lain untuk penyakit ini?

    Andri Haryono responded:
    20 Juli, 2011 pukul 6:59 pm

    kalo kata temen saya sering2 baca istilah2nya, mungkin berhasil
    tapi di saya belum bisa
    hehehehe

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s