Watson, Inspirasi untuk Masa Depan

Posted on


IBM
Watson saat berlomba melawan dua peserta di kuis Jeopardy!

Oleh Suryo Suwignjo, Presiden Direktur, IBM Indonesia

KOMPAS.com – Watson, ciptaan terbaru dari IBM, adalah terobosan baru di bidang ilmu pengetahuan. Mesin tersebut dirancang untuk dapat menandingi kemampuan manusia dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dalam bahasa alami. Watson diambil dari nama pendiri IBM Thomas J. Watson (1874 – 1956).

Pada tanggal 14-16 Februari 2011 yang lalu, Watson berlaga di sebuah kuis terpopuler di Amerika Serikat sejak 1984 yaitu Jeopardy! Ini adalah sebuah acara kuis televisi yang menghadirkan berbagai topik seperti sejarah, sastra, politik, seni dan hiburan, serta ilmu pengetahuan.

Format dari acara kuis Jeopardy! ini adalah pertanyaan yang diajukan harus direspon dalam bentuk jawaban paling cepat. Jeopardy! dapat diartikan sebagai sebuah tantangan bagi sistem komputasi karena berbagai topik serta respon yang diberikan membutuhkan kecepatan dan jawaban akurat serta ketepatan waktu menjawab.

Di kuis terkemuka Jeopardy!, Watson bertanding selama tiga hari berturut-turut dengan dua kontestan tersukses di sepanjang sejarah kuis tersebut dan memenangkan pertandingan.

Selanjutnya, apa arti kemenangan Watson bagi dunia? Watson memberikan inspirasi tentang bagaimana teknologi dapat berkontribusi pada transformasi di berbagai industri. Dalam tulisan ini, saya akan mengupas tentang industri layanan keuangan dan kesehatan.

Di industri layanan keuangan, pengelolaan resiko terintegrasi adalah pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya. Para praktisi perbankan, Bank Indonesia sebagai pembuat regulasi dan pengawasan, menghadapi berbagai tantangan untuk mengambil keputusan penting dengan cepat. Di lain pihak arus informasi yang beragam terkadang malah menjadi kendala pengambilan keputusan. Tantangan lain adalah bagaimana memproses berbagai aliran data yang ada sehingga dapat menjadi sebuah keputusan yang logis, relevan dan juga strategis bagi semua pihak.

Sebagai contoh, bagaimana industri perbankan menghadapi jutaan data nasabahnya. Kadangkala kualitas data tersebut tidak dapat menjadi acuan yang akurat untuk mempromosikan sebuah produk.

Kemajuan di bidang komputasi berkinerja tinggi seperti yang ditawarkan oleh Watson dengan perangkat analitik non-linear, dapat mengatasi berbagai kerumitan yang ditimbulkan oleh jutaan data yang ada serta membantu untuk mengambil keputusan secara objektif. Sistem seperti Watson dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang sangat sulit terkait risiko dan perubahan pasar, mendeteksi perbedaan struktural pada sebuah data sebelum para analis menemukannya.

Lebih hebat lagi ketika Watson juga dapat memberikan analisa skenario berdasarkan tujuan perusahaan yang lebih rumit meliputi analisa strategi korporasi. Misalnya, Anda memasukkan pertanyaan bagaimana meraih margin keuntungan sebesar 10 persen? Atau apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan modal tanpa mengganggu aset?

Sejalan dengan meningkatnya resiko di pasar global yang terinterkoneksi, kerumitan dan ledakan data juga akan meningkat. Kemampuan pengambilan keputusan real-time yang sangat dibutuhkan oleh industri keuangan dapat menjadi faktor pembeda persaingan yang penting.

Pertanyaan selanjutnya – berkaitan dengan dunia kesehatan – apakah komputer suatu saat nanti dapat membantu dunia kesehatan untuk mengalahkan penyakit? World Health Organisation (WHO), Lembaga Kesehatan dunia di bawah PBB mencatat bahwa penyakit jantung, kanker dan infeksi sistem pernapasan menempati urutan teratas sebagai penyebab kematian.

Di Indonesia, Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa stroke atau serangan jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi dengan persentase sekitar 15.4 persen diikuti dengan kelainan pembuluh darah dan penyakit paru-paru (TBC). Data lain menunjukkan minimnya tenaga medis merupakan salah satu problema dalam membangun dunia kesehatan di Indonesia.

Ke depan, Watson mungkin bisa membantu mengantisipasi masalah tersebut. Misalnya, Watson dapat membantu seorang dokter dengan memberikan berbagai tips tentang diagnosa alternatif, merekomendasikan tes, atau mengingatkannya tentang reaksi obat tertentu pada pasien tersebut. Singkatnya Watson dapat memberikan informasi yang tepat dan dibutuhkan para dokter untuk mengambil keputusan.

Diagnostik media yang didukung komputer sudah lama menjadi tujuan penelitian para periset artifical intelligence. Tetapi berbagai sistem yang dikembangkan selama ini tidak sesuai dengan kebutuhan petugas medis. Mereka menganggap sistem seperti ini sulit digunakan, lamban, tidak fleksibel bahkan menggangu pekerjaan mereka merawat pasien. Sistem pintar seperti Watson merubah semua pandangan ini.

Watson juga dapat mempercepat proses riset di bidang medis yang memakan waktu bertahun-tahun. Misalnya, baru-baru ini ditemukan penyakit lambung disebabkan karena virus. Sebelumnya, para dokter menyarankan pasien penyakit lambung untuk menyantap makanan lunak. Lebih jauh, Watson dapat mencatat informasi genetik seorang pasien sehingga membantu dokter untuk membuat diagnosa dan keputusan yang lebih akurat dan lebih cepat. ’

Watson adalah terobosan baru di bidang ilmu pengetahuan. Piranti lunak Watson didukung oleh perangkat keras IBM Power7 yang dioptimalkan untuk menangani berbagai pekerjaan sekaligus yang harus dikerjakan Watson dengan kecepatan tinggi untuk menganalisa berbagai hal yang rumit dan memberikan jawaban yang tepat. Sistem ini dapat memproses data dan pekerjaan secara bersamaan di samping menganalisis informasi secara real-time.

 

WATCH THIS VIDEO

 

sumber : kompas.com

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s