Biaya kuliah di ITB 2013

Posted on Updated on


“Rekan-rekan,
Saya membaca kegundahan teman-teman di thread berjudul ” Kuliah di ITB Rp. 10 juta per semester”. Sesuai dengan apa yang telah dipaparkan oleh pak Prof. Kadarsah dan Ibu Marlia Singgih di Hang Lekiu minggu lalu, berikut ini adalah informasi yang lebih lengkap tentang biaya kuliah di ITB :
– Mulai tahun 2013 tidak ada lagi biaya pendidikan di muka ( yang dulu besarnya Rp 55 juta). Biaya ini di nol kan.
– Biaya kuliah per semester besarnya adalah Rp. 0 sampai Rp. 10 juta, tergantung pada keadaan ekonomi keluarga. Tujuannya agar tidak ada orang yang tidak bisa kuliah di ITB karena masalah ekonomi keluarga.
– 20 % kursi mahasiswa baru disediakan untuk mahasiswa yang berasal dari ekonomi lemah. Mereka mendapat beasiswa bidik misi. Jadi selain biaya kuliah per semester nya Rp 0. mereka juga mendapatkan beasiswa biaya hidup.
– lalu yang 80% mahasiswa baru lainnya, biaya kuliah nya ada yang di disubsidi 0 %, 25%, 50 % dan 75 %. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, hanya sekitar 20 % saja yang membayar penuh ( subsidinya 0%)

Melalui e-mail ini saya mengajak semua alumni untuk mengkomunikasikan soal biaya kuliah ini dengan lengkap kepada masyarakat luas, agar tidak timbul persepsi bahwa ITB hanya untuk orang kaya. ITB UNTUK SEMUA.

Salam hangat penuh semangat
Betti Alisjahbana”

Sekjen PP IA-ITB

39 thoughts on “Biaya kuliah di ITB 2013

    Agus said:
    2 Maret, 2013 pukul 7:16 pm

    Dulu saya ingin sekali daftar masuk ITB.
    Tapi begitu orang tua saya mendengan biaya kuliah ITB yang sangat mahal, orang tua langsung melarang saya ikut ujian masuk dan SPMB/UMPTN ke ITB.
    Saya sangat sedih sekali saat itu. :(

    yanti said:
    28 Maret, 2013 pukul 12:08 pm

    anak saya ingin kuliah di ITB, baru akan lulus tahun ini, anak saya sekolah di SMKN jurusan otomotif apa bisa masuk ITB dan jurusan apa yang mesti dipilih? berapa biaya semesternya

    Andri Haryono responded:
    1 April, 2013 pukul 9:11 am

    Selamat pagi, untuk otomotif Saya kira yang paling deket masuk FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) yang paling deket. untuk biaya kuliah sudah dijelaskan di atas, range nya antara 0 sampai 10 jt, itu pun bisa ditangguhkan dan bisa mengajukan beasiswa.
    semoga membantu

    Handoko said:
    23 April, 2013 pukul 5:41 am

    anak saya ingin sekolah di ITB, saya ingin menanyakan berpa sumbangan wajib masuk ITB (sebab tahun lalu saya dengar biayanya 55 juta (mahal sekali)) dan begitu tahu ada pengumuman lulus SMNPTN apa bisa langsung tahu sumbangannya berapa ? Terima kasih atas informasinya.

    Arya Maulana said:
    23 April, 2013 pukul 11:58 am

    Asalamualaikum Wr Wb
    Terus terang saya ingin masuk Institut Teknologi Bandung, Itu Suatu Impian Saya Semejak Smp , Saya Ingin Sekolah Lebih Tinggi, Berprestasi , Bisa Membahagiakan Kedua Orang tua Saya, Dan Ilmu yang saya dapat,Berguna bagi Bangsa. Tapi Sampai sekarang saya belum bisa mewujudkan Semua itu. bahkan Saya Menyadari Biaya Yang sangat besar itu Yang tidak mampu saya bayar. Tapi , Apapun saya akan terus usaha Untuk Mengumpulkan Biaya dan Dapat bersekolah lebih tinggi di ITB. Karena Itu adalah Impian Saya.Insyaallah semua itu Bisa Terwujud Amin

    herma said:
    24 April, 2013 pukul 3:12 pm

    kalau beasiswa selain bidik misi, apakah kita yg mengajukan atau bagaimana?

    Andri Haryono responded:
    26 April, 2013 pukul 3:35 pm

    @mas handoko : Mas bisa baca tulisan Saya di atas, ga panjang kok mas, ada infonya disana.

    @mas arya : semoga mimpimu bisa terwujud, aaamiin..
    @mbak herna : pasti nya mbak yang mengajukan, terus aktif dan berusaha ya

    semoga membantu, salam

    Silfiani said:
    17 Mei, 2013 pukul 10:18 pm

    kalau dari luar kota gimana kak??
    bisa dapat subsidi juga??

    Andri Haryono responded:
    18 Mei, 2013 pukul 8:25 am

    @silfi : bisa mbak silfi

    awal wibisono said:
    3 Juni, 2013 pukul 12:45 pm

    adik saya tahun ini masuk jurusan oceanografi di ITB… awal melihat biaya sampe 10 jt rasa pesimis adik bisa ke itb.. mau melarang juga gak tega karena ini keinginannya sejak kelas 2 SMA.. penghasilan kedua orang tua saya bila dijumlahkan sekitar 3.4 jt… memang bukan kategori keluarga tidak mampu, tapi juga berat kalo 10 jt per semester.. belum biaya hidup… saya ingin bantu juga belum mampu sepenuhnya, karena masih baru hidup di perantauan.. setelah bca artikel ini rasanya ada harapan lagi… mohon doany agar adik saya bisa dapet keringanan dan bisa mengejar cita2ny… terima kasih

    suki said:
    23 Agustus, 2013 pukul 8:34 pm

    Temen saya ada yang mau masuk itb, tp dia ingin msuk kelas karyawan, tapi karena dia biaya sendiri dengan pendapatan hanya 1,5 jt.. Apakah bisa dapat keringanan biaya? Klo bsa gimana caranya? Terimakasih.

    Andri Haryono responded:
    8 September, 2013 pukul 8:55 pm

    setau sy ga ada kelas karyawan di ITB

    fadli rudiansyah said:
    15 September, 2013 pukul 2:47 pm

    klo di ITB bsa bkin animasi g…??
    kya bkin game atau film animasi….!!

    Andri Haryono responded:
    15 September, 2013 pukul 2:49 pm

    Bisa..

    leno asman said:
    6 Oktober, 2013 pukul 9:57 am

    Ass. Apkah bsa msuk ITB(jaringan) lwat jalur prestasi? Tpi sya dri smk luar kta bndung. Mhon jwban.y .Mksh.

    Andri Haryono responded:
    8 Oktober, 2013 pukul 10:49 am

    bisa aja mas, sukses ya..

    rizky said:
    9 November, 2013 pukul 10:44 am

    ass. saya baru kelas 2 sma tapi udah ada pikiran kekuliah. saya dri smk luar bandung. pgn bgt masuk itb. tapi kalo liat kemampuan saya yg kurang berprestasi dalam bidang akademik. bisabisa saya tidak lulus. ada srannya . thnks :)

    Andri Haryono responded:
    11 November, 2013 pukul 10:21 am

    Saran Saya : belajar!

    pertimbangkan saja : pengen susah belajar 2 tahun ke depan lalu seneng2 di 20 tahun berikutnya atau kebalikannya.
    seneng2 sekarang sampe lulus SMA, tapi menderita di 20 tahun berikutnya.

    Ridwan Fadoli said:
    1 Desember, 2013 pukul 12:53 pm

    kalau dari smk swasta apa bia masuk di ITB kak?
    trus nilai yg di minta ITB agar bia masuk berapa kak?

    Andri Haryono responded:
    3 Desember, 2013 pukul 7:46 am

    bisa dicoba, kalo kamu serius dan kerja keras pasti bisa..
    klo cuma ‘pengen’ doang, saya kasih senyum aja, hehe

    Aris Mulyana said:
    5 Januari, 2014 pukul 12:16 pm

    ass, kak di ITB Ga ada jadwal malem ya? sya pengen bgt msuk tp sambil kerja biar orang tua saya ga terlalu berat

    Andri Haryono responded:
    5 Januari, 2014 pukul 6:12 pm

    ga ada mas setahu saya..

    intan said:
    5 Januari, 2014 pukul 7:10 pm

    assalamualaikum, mau nanya,, kira2 kapan pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2014/2015?
    n berapa spp untuk jurusan pertembangan atau geologi?

    Andri Haryono responded:
    8 Januari, 2014 pukul 5:34 pm

    Pendaftaran untuk SNMPTN tertulis sepertinya sudah dimulai persiapannya, sebaiknya tanya ke Sekolah masing2 atau liat situs http://www.itb.ac.id

    untuk biaya, belum ada info terbaru. tapi tenang aja, banyak beasiswa di ITB
    ITB tidak pernah mengeluarkan mahasiswanya hanya karena masalah biaya

    novia dewi said:
    9 Januari, 2014 pukul 3:38 pm

    assalam kak , kak saya minat bgt masuk itb , tapi dari alumni sekolah saya belum ada yg masuk situ kak, apa itu bermasalsh ? jurusan farmasi di itb gmn kak ? apa bnyk saingannya ? makasih :)

    riswanto said:
    10 Januari, 2014 pukul 8:21 pm

    ka saya dari luar kota, mau nanya kalo saya ikut bidik misi kira kira ribet ga persyaratannya, trus penghasilan ortu saya cuma UMR apakah saya bisa masuk itb ?

    Ade salma said:
    11 Januari, 2014 pukul 11:20 pm

    kalo misalnya calon mahasiswa dari keluarga menengah yang gak kaya juga gak miskin, apa bisa dapet beasiswa? itung itung buat ngeringanin beban ortu. trus syarat dapet mahasiswa itu harus punya prestasi kah?

    Silvia said:
    13 Januari, 2014 pukul 2:40 pm

    Selamat Sore, Mohon bantuan dan Infonya bagaimana prosedur untuk masuk kuliah di ITB karena anak saya ingin sekali kuliah di ITB, baru akan lulus tahun ini 2014, anak saya sekolah di SMKN jurusan Permesinan apa bisa masuk ITB dan jurusan yang ia minati adalah Perminyakan, Mohon info untuk biaya persemesternya. Terimakasih ( silvi2969@yahoo.com.)

    Samuel Bonay said:
    12 Februari, 2014 pukul 4:52 pm

    saya sangat ingin kuliah di ITB , tapi mudah-mudahan biaya kuliahnya murah, karena saya berasal dari keluarga kurang mampu..

    muhamad buldan said:
    25 Februari, 2014 pukul 12:06 am

    saya ingin masuk ke ITB, tpi gimana caranya yah, soalnya saya dalam keluarga tidak mampu

    Yanty melianty said:
    27 Juli, 2014 pukul 8:00 am

    IA itb juga punya program beasiswa, daftar aja, tapi pastinya harus belajar yang baik, ayo adik2 kekuatan mimpi, berusaha, tekat dan kerja keras pasti akan ada jalan nya (yanty, alumni TL 86)

    Andri Haryono responded:
    27 Juli, 2014 pukul 8:32 am

    Makasih bu yanti infonya,,

    Ahmad Nurkholik said:
    3 Agustus, 2014 pukul 6:05 am

    maaf mas, klw mau masuk ITB , dari segi prestasi gak terlalu wah,. tapi kehidupan Organisasi Baik ,
    dan dari keluarga yg kurang mampu,,. gmna mas..?

    #mohon bimbingannya,..

    Andri Haryono responded:
    3 Agustus, 2014 pukul 7:35 am

    Coba daftar aja mas pake jalur tertulis nanti. Usahakan nilai nya naik untuk kelas 3 ini, nanti siapin sertifikat dan piagam2 yg pernah didapat dl

    Dwi Kurniawan said:
    6 Agustus, 2014 pukul 7:05 pm

    aya berharap bisa melanjutkan kuliah di ITB sya baru smk kelas 2 teknik mesin , persaingan masuk fakulta s teknik mesin di ITB bagaimana ya ,

    shin wardoyo said:
    18 Agustus, 2014 pukul 7:20 pm

    mas, saya lulusan smk baru mau
    masuk kuliah tahun depan. apa
    lulusan smk seperti saya bisa
    memilih fakultas teknik(kimia) di
    itb? dan biaya yg dibayarkan saat
    menjadi maba di awal masuk apa
    hanya 10 juta? ada tambahan
    biaya lainnya ga? terimakasih

    bkabonz@yahoo.com said:
    28 September, 2014 pukul 10:06 am

    ka saya mau skolah di itb,saya sekarang skolah di smkn jurusan teknik elektro apa ada jalur beasiswa saya ingin sekali skolah di sana mohon bantuanya ka …heheh makasihh !!!

    Andri Haryono responded:
    29 September, 2014 pukul 11:54 pm

    Ada mas, bnyak kok beasiswanya

    richard said:
    14 Oktober, 2014 pukul 4:42 pm

    saya mau nanya nih. saya kan dari jakarta. pgen banget ke bandung untuk masuk ITB. saya sekarang kelas 12. minimal di raport saya 75. rata2 80.
    mau masuk perminyakan
    yang saya mau tanya kan
    1. apakah bisa saya ikut test di JKT ? atau harus ke bandung dulu untuk ambil SMPTN
    2. Berapakah perkiraan uang masuk ke ITB ? untuk jurusan perminyakan ?

Apa komentarmu?

