Biaya masuk ITB 2011 & Tips Bayar Murah kuliah di ITB

Posted on Updated on


TIPS dan TRIK persiapan SNMPTN KLIK DISINI

________________________________________________________

Silahkan dibaca.

Soalnya kemarin ada pembahasan ttg ITB mahal, jadi mungkin ini solusinya.

Saya kurang tahu anggaran ITB tapi yang saya tahu untuk menjadi universitas yang berbasis riset itu memakan investasi yang gede.

Informasi lebih lanjut, coba simak masukitb.com sama twitter nya di @masukitb

———- Forwarded message ———-
From: Afzalurrahman Assalam <afzalurrahmana@yahoo.com>

Mohon dishare ke adik agan2 sekalian agar mereka bisa mendapat Info ini dan berani masuk Itebe khususnya bagi yang kurang beruntung ekonominya…
Biaya masuk ITB 2011 & Tips Bayar Murah kuliah di ITB

Pertama-tama, tolong dibaca secara lengkap, biar info yang didapat tidak parsial. Hatur nuhun  :)

__________________________________________

Pertanyaan pertama  :   gimana caranya masuk ITB? berapa biaya pendaftaran ujiannya?

1. Daftar secara online di  http://www.snmptn.ac.id/

2. Mengenai pembayaran, jumlahnya sbb (salah satunya saja, sesuai program studi yang ingin dipilih):

• Kelompok IPA dan IPS : Rp. 150.000,- (dapat memilih maksimum 2 program studi)
• Kelompok IPC : Rp. 175.000,- (dapat memilih maksimum 3 program studi)
• Ujian Keterampilan : Rp. 150.000,- (khusus Fakultas Seni Rupa & Desain)

3. Jenis Ujian SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis :

• Tes Potensi Akademik (TPA) .
• Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP)  :
• Tes Bidang Studi Dasar : Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
• Tes Bidang Studi IPA : Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
• Tes Bidang Studi IPS : Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
• Khusus bagi peminat FSRD , diharuskan untuk mengikuti Ujian Keterampilan yang dilaksanakan dua hari setelah pelaksanaan ujian tertulis. Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di PTN yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan atau PTN terdekat dari tempat pendaftaran peserta yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan peserta.

jawaban selengkapnya ada di link berikut :  http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-3.htm (tentang tata cara pendaftaran) dan link  http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-2.htm (tentang persyaratan peserta).

__________________________________________

berapa sih  biaya masuk ITB tahun 2011? berapa sih  biaya total belajar di sana nantinya?

Jadi, biaya pendidikan di ITB ada dua:

1. Biaya pendidikan di muka (BPM). dibayar satu kali di awal masuk ITB. Besarnya maksimal  Rp55.000.000 (ada diskonnya juga lho. makanya baca sampai akhir ya)
2. Biaya pendidikan per semester (BPP). dibayar setiap awal semester kuliah. Besarnya Rp5.000.000/semester.

__________________________________________

Waduh, kok mahal banget ya biayanya? ada ga caranya biar bisa bayar murah ?

Hoho,, tentu ada sodara-sodara. Begini, ikutin tipsnya ya:

Ternyata kita bisa meminta diskon Biaya BPM yang 55juta itu, bahkan tersedia diskon 100% bagi lebih dari 600 orang. Begini caranya:

1. Download dan isi formulir permohonan diskon BPM di [ link ini ] atau di sini :  http://www.itb.ac.id/usm-itb/form-bpm-2011-t.pdf

2. Pada bagian permohonan subsidi, jangan lupa centang/pilih yang 25%, 50%, 75%, atau yang  100%

3. kirim formulirnya. Boleh lewat fax, email, atau pos, ke alamat:

Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1
Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp.: 022-2508519, 022-4254016
Faks.: 022-2508519
E-mail :  usmitb@pusat.itb.ac.id

3. Siapkan bukti-bukti yang mendukung. Bukti-bukti ini diserahkan saat pendaftaran mahasiswa baru nanti (setelah pasti diterima). Misalnya:
- Slip gaji orang tua (kalau ada. kalau ga ada bikin sendiri aja, tulis aja gaji yang kecil. hehe,, tapi jangan boong yak )
- Surat keterangan RT/RW daerah asal. Jadi berupa keterangan kalau keluarga tidak mampu membayar banyak untuk masuk ITB.
- Surat keterangan kondisi keluarga. Misalnya jumlah keluarga dan kondisi pekerjaannya. Lebih direkomendasikan bagi anda yang punya banyak adik-adik yang masih sekolah, jadi terlihat kalau tanggungan beban orang tua itu besar sekali, hoho  ;) .

4. Spesial: Bagi calon mahasiswa yang sejak awal hanya berminat untuk memilih Program Studi  Astronomi  (FMIPA), Program Studi  Meteorologi  (FITB), dan/atau Program Studi  Oseanografi  (FITB) dapat mengajukan permohonan Beasiswa Minat berupa subsidi 100% BPM. Untuk itu pemohon harus menyerahkan Formulir Pilihan Program Studi ITB yang dapat diunduh dari situs  http://www.itb.ac.id/usm-itb/form-prodi-2011.pdf paling lambat tanggal 24 Mei 2011, pukul 15.30 WIB. Formulir yang telah diisi lengkap dikirimkan melalui kantor pos, faksimili,  e-mail , atau diserahkan sendiri ke alamat:

Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1
Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp.: 022-2508519, 022-4254016
Faks.: 022-2508519
E-mail :  usmitb@pusat.itb.ac.id

5. Kalau BPM sudah “beres”, maka tinggal mencari beasiswa untuk membayar BPP. Di sini banyak tersedia beasiswa, misalnya beasiswa ITB untuk semua (BIUS   http://www.itbuntuksemua.com ).

6. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan rejeki lebih biar bisa kuliah di ITB. Syukur-syukur kalo ga perlu minta diskon biar masuk kampus itu, apalagi kalau bisa memberikan sebagian rezeki kita buat meringankan beban yang lain. InsyaAllah pahala lho  :)

__________________________________________ Info lebih lanjut?

- buka situs ini:  http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-4.htm

- komen aja di mari. atau

- Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :

Kantor Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan
Direktorat Pendidikan ITB
u.p.  Kasubdit Penjaringan Mahasiswa
Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Telepon           : 022-4254016
Telepon           : 022-61083601
Faksimili         : 022-2508519
E-mail              :  usmitb@pusat.itb.ac.id

About these ads

226 thoughts on “Biaya masuk ITB 2011 & Tips Bayar Murah kuliah di ITB

    andihendra said:
    24 Februari, 2011 pukul 4:14 pm

    ijin share buat anak2 SMA yh di blog ane yah gan
    thx

    dedy said:
    27 Februari, 2011 pukul 7:50 am

    mas sy dedy asl skolah smk bkm bkasi jrusn teknik mekanik otomotif sy brminat msk itb teknik mesin dg kmpuan sy tdk bgtu pndai bsa dbilang pas”an lh klau ekonomi y bisa dblang mmpu lh !! Yg jd prtnya’an sy,sy hrs mngikti tes bgaimana dan klau tdk lulus tes bgaimana apa ada d bri ksempatan k 2 ??trima ksih blz lwat emil sy jga bleh dedyjaya_xiitmo2@yahoo.co.id

    Andri Haryono responded:
    27 Februari, 2011 pukul 2:37 pm

    daftar jalur undangan ITB ga? kalo ga daftar, fokus ke SNMPTN aja berarti. kalo yang saya tau ga ada USM lagi ITB tahun ini,,,
    fokus aja ke belajarnya dl, semangat!

    rifja said:
    7 Mei, 2011 pukul 1:52 pm

    pning bgt

    andri suarna said:
    3 Juni, 2011 pukul 4:00 pm

    mas, mw ny ne…………
    saya kan nyoba msk ITB melalui snmptn jalur ujian, p saya blm ngisi formulir BPPM mas,
    gmn tu y mas???????
    sya bingung,
    tlg d bntu y mas,…….
    thx…………..

    Andri Haryono responded:
    5 Juni, 2011 pukul 1:33 pm

    Dulu pas jaman saya masuk,.ngisi bppm itu abis pengumuman spmb, ga tau ya kalo sekarang. Mgkn nanti pas udah pengumuman kali, isi aja nol kalo km ga sanggup bayar, saya gitu dulu,hehehe

    ahwan said:
    5 Juni, 2011 pukul 2:21 pm

    Mas…
    Mau nanya apa biaya itu buat semua jurusan atau ada jurusan khusus yg biayanya beda?
    Makasi.

    Andri Haryono responded:
    7 Juni, 2011 pukul 4:50 pm

    buat semua jurusan biasanya, kecuali SBM sama FSRD biasanya beda

    ahwan said:
    9 Juni, 2011 pukul 1:09 pm

    mksh mas…
    Smg saja saya lulus.
    Amin

    Andri Haryono responded:
    9 Juni, 2011 pukul 4:58 pm

    semangat!
    Semoga kamu bisa jadi salah satu penghuni ganesha, hehehe

    arie reynaldi said:
    19 Juni, 2011 pukul 6:47 am

    gila 55 jt
    bisa beli mobil vw combi 3 biji tuh !!!!!!!!
    coba klo gratis bakal banyak org pinter di indonesia {selain dukun}

    Andri Haryono responded:
    19 Juni, 2011 pukul 10:56 am

    kan beasiswa nya banyak mas :)
    kan dijelasin jg tips nya. Satu hal yang pasti, selain orang kaya (bukan saya), yang bisa masuk ITB tuh orang yang bernyali besar. Ga punya modal tapi mau maju :p

    luki said:
    22 Juni, 2011 pukul 11:14 pm

    hai blogger..salam kenal..

    good information.. dengan ini kita bisa memilih jurusan sesuai kemampuan kita.. sehingga dampaknya kita dapat melakukannya dengan sepenuh hati dengan biaya yang murah :D

    don’t forget visit my site:
    http://www.uad.ac.id

    Andri Haryono responded:
    23 Juni, 2011 pukul 1:29 pm

    salam kenal juga semoga sukses! :)

    Farrah Ulfah Fadillah said:
    7 Juli, 2011 pukul 11:47 am

    masih 2 tahun lagi lulusnya juga :( aku pengen banget masuk tek.metalurgi FTTM ITB :) walaupun aku dari smk analis kimia \(^o^)/

    MAUU KULIAH DISINII ””””
    tapi masihh 3 taonan,,,,

    lina said:
    5 Agustus, 2011 pukul 7:20 pm

    asslmkum
    mas. ..
    masuk fsrd biaya’y lebih mahal yak’? tes ketrampilan’y aph ajj? cuma menggambar?

    nur alim mubarok said:
    11 September, 2011 pukul 6:11 pm

    mas, biaya masuk fakultas elektronika ITB berapa?? SPP nya berapa??

    Andri Haryono responded:
    12 September, 2011 pukul 8:45 am

    Dear pak nur alim,
    di ITB ga ada fakultas elektronika, adanya Sekolah Teknik elektro dan Informatika (STEI), salah satu fakultas terfaforit disana. biaya masuknya sama dengan jurusan lain, SPP nya pun sama. Saya ga jawab berapa nya soalnya tiap tahun pasti beda.
    (maaf di bold)

    YANG JELAS GA PERLU TAKUT MASALAH BIAYA KALAU DI ITB. BEASISWA YANG ADA DI SANA SANGAT BANYAK. BAHKAN SATU ORANG BISA MENDAPAT LEBIH DARI 1 BEASISWA

    AMIRULIHSAN said:
    23 September, 2011 pukul 7:49 pm

    aku pengen banget kuliah di ITB tapi gimana masalah biaya nya dan juga otakku tapi aku sangat ingin kuliah dissana aku udah pengen dari dulu kuliah di sana tahun ini aku tamat dari MAn model jambi TAPI GIMNA MASALAH BIAYA

    AMIRULIHSAN said:
    23 September, 2011 pukul 7:51 pm

    aSSALAMUALIKUM MAS ANDRI mau nanya gimana caranya agar mudah masuk ITB dengan mudah dan aku bisa belajar efektif disana

    Ganjar Budiansyah said:
    26 September, 2011 pukul 6:55 pm

    mas andi, saya sangat berminat sekali di bidang astronomi. apakah di ITB bisa mengajukan beasiswa karena minat sama jurusan tertentu?
    usia saya sekarang 22 tahun tapi ijazah saya 2011 karena saya ikut paket persamaan, apakah masalah usia dan ijazah persamaan di perhitungkan (jadi hambatan) di ITB atau gak?

    mas, sekalian minta link-link yang ada soal-soal SNMPTN 2011 kemarin ya, buat latihan.
    terima kasih..!!!

    Andri Haryono responded:
    27 September, 2011 pukul 8:58 am

    beasiswa di ITB ada yg khusus buat Astronomi, Teknik Fisika dan Seni Rupa murni. coba aja :)
    ga ada masalah kok untuk ujian persamaan, asal kamu bisa buktiin kamu memang punya kualitas yang oke, jadi siap2lah untuk itu :)
    maaf saya ga punya link soal..

    Lukman Debart said:
    3 Oktober, 2011 pukul 9:35 pm

    mas saya pengen pindah k ITB bagaimana caranya saya dari universitas tanjung pura pontianak, biaya yg di keluarkan kira2 berapa

    Andri Haryono responded:
    4 Oktober, 2011 pukul 8:15 am

    Saya kurang tau kalo masalah biaya untuk transfer mahasiswa seperti itu. yang Saya tau cuma aturan kalo pindah IP di semester pertama di ITB nya > 3.25 (ato 3.5, saya agak lupa). kalo tidak mencapai akan di DO

    Chandra Doank said:
    24 Oktober, 2011 pukul 4:36 pm

    mas mau tanya , kalau pilih Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) / Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
    di ITB materi ujian tulisnya apa aja ya ??

    jawab ya .. mksih :)

    Andri Haryono responded:
    24 Oktober, 2011 pukul 7:36 pm

    kalo jalur SNMPTN ya standar ujiannya
    kan sekarang udah ga ada jalur USM lagi, kalo jalur undangan kan yang diliat prestasi dan nilai aja

    putri said:
    27 Oktober, 2011 pukul 4:39 am

    for info, Kalau dulu ada SPMB, Kemitraan daerah, UMFSRD (Ujian Masuk FSRD, krn tdk ada spmb) dan USM (Ujian Saring Mandiri, untuk fakultas/jurusan yg ada di spmb).

    Tahun pertama blm dijurusin, masih TPB, kalau mau pindah jurusan setelah TPB usai alias tingkat 2 (semester 3 dan ipk minimal 3.5), ada bbrp yg harus ngulang TPB klo pindah jurusan yg beda fakultas. Setau saya, kalau sudah masuk, banyak kok peluang beasiswa, ada beasiswa ekonomi, prestasi, dsb. Jgn takut ma biaya, usaha aja maksimal, kalau udah masuk, urusan biaya (insyaAllah) ada jalannya. Good Luck

    Andri Haryono responded:
    27 Oktober, 2011 pukul 9:54 am

    like this. jangan takut miskin lah. rejeki Allah datangnya dari mana2. Jangan terlalu mikirin duit. Kuliah bisa kok ditanggung sendiri biaya nya. bisa dari beasiswa dan kerja. intinya jangan manja dan mau enak aja :p

    SEMANGAT!

    Joko Sumartono said:
    29 Oktober, 2011 pukul 10:14 am

    dibuka lagi kapan ya pendaftarannya.hehe pengen kuliah juga nih. setahun kerja. ingin jadi sarjana. bisa gak ya lulusan tahun lalu daftar sekarang…… aku dari smk teknik elektro… pilih jurusan perminyakan ato pertambangan bisa gak mas? boleh infoin LIST TO DO nye???

    someone said:
    4 November, 2011 pukul 5:24 pm

    mas andri.
    saya mau nanya.
    kalo “urutan” tingkat kesulitan per fakultas/ jurusan testnya gimana?

    Andri Haryono responded:
    4 November, 2011 pukul 5:53 pm

    @joko : biasanya anak yang baru lulus yang bisa ikut jalur undangan. ikut yang jalur SNMPTN aja, jangan patah semangat..

    @someone : urutan kesulitan apa maksudnya? kalo soalnya ujian mah sama kan?
    kalo jurusan fakultas. di ITB tuh seinget saya
    STEI
    FTI
    FTTM
    SF dll

    CMIIW..

    Fanny said:
    9 November, 2011 pukul 2:44 pm

    asslmlkm. jalur undangan yang di tesnya apa az?
    jurusan apa yang peluangnya besar utk masuk itb (yang gak banyak saingannya)???

    Stefan Julius said:
    9 November, 2011 pukul 7:38 pm

    Mas mau tanya.Kalo SBM nya biaya nya kira2 berapa ya?

    Andri Haryono responded:
    10 November, 2011 pukul 1:26 pm

    Dear fanny, jalur undangan itu ga ada test, jadi murni berdasar pertimbangan prestasi kamu di sekolah.
    jurusan yang menurut saya sedikit saingannya di ITB adalah FT, Astronomi dan Geodesi
    hanya pengamatan saya saja..

    dear stefan, setahu Saya biaya awalnya minimal 60jt, lebih mahal emang kalo SBM. ga tau tahun ini jadi berapa..

    el-faza said:
    13 November, 2011 pukul 11:50 pm

    syukron banget infonya gan, adik gw mo masuk itb neh, doain lu2s.. (msh 1 taon lg sih)

    ^_^

    Herizka Azizah said:
    16 November, 2011 pukul 6:34 pm

    Kak, saya berminat sekali masuk ITB, ambil tekhnik arsitek, tapi emang sih biayanya mahal. setelah saya lihat saran di atas, saya semakin optimis, tetapi…. ada tapinya lho kak, hehe
    Saya anak pertama dari 2 bersaudara, ayah saya emang kerja PT, tp PT nya PT kontrak setahun-setahun gt kak. Apalagi saya tinggal di Riau, jd biaya disana takutnya tidak bisa dibantu dengan Gaji ayah saya. So, kakak ada usul lain nggak :(( saya pengen banget kaaak… Kasih usul ya kak :)
    Makasih

    Andri Haryono responded:
    17 November, 2011 pukul 9:34 am

    @herizka : km ga perlu takut kok soal duit, insya allah banyak beasiswa yg bakal nunjang km disini. cukup fokus ke gimana caranya km bisa masuk ITB, gitu aja :)

    saya juga dulu memulai di ITB dengan dana minim, ya emang mesti kerja sampingan.
    fyi, mahasiswa kerja sambilan tuh biasa kalo di luar negeri, namanya juga belajar mandiri

    semoga km bisa masuk almamater saya, hohoho

    dudi iskandar said:
    19 November, 2011 pukul 6:13 pm

    anak saya bagusnya di matematika,fisika dan kimia,baiknya masuk jurusan apa yg frospek masadepannya bagus buat anaku trm

    dudi iskandar said:
    19 November, 2011 pukul 6:23 pm

    bisa jelasin jurusan-jurusan di itb berikut peluang kerja

    Herizka Azizah said:
    26 November, 2011 pukul 8:24 am

    Hahaha, iya kak,amiinn… :D
    iya, ibu saya juga bilang kalo ntar kuliah itu sambilan nyari duit, biar ntar kalo udah tamat atau ada yg perlu di beli udah ada duit sendiri,hehehe
    maka dari itu saya keukeuh milihnya di bandung, krn kalo berkreasi di bandung itu lebih seru, di bandung itu barang2 seni atau pernak pernik yang tersedia di sana insyaAllah lengkap :D
    hahaha, jd nggak sabar mw kesana :D
    O ia, kakak dulu jurusan ap di ITB??
    Trus Arsitek itu kebanyakan cowok ap cewek?? -,-”

    Andri Haryono responded:
    26 November, 2011 pukul 10:19 pm

    Arsi cewek jg banyak :)
    Ak dulu elektro, hehe

    rafli said:
    27 November, 2011 pukul 6:17 pm

    kalau biaya per semesternya bisa lebih murah ga mas? soalnya kalau saya yang berekonomi pas-pasan kayanya ga sanggup kalauu 5juta/semester

    Tria said:
    5 Desember, 2011 pukul 11:23 pm

    Mas,, kalau menurut saya percuma aja belajar.. Soalnya lulus pun gx bisa juga masuk ITB, biayanya terlalu tinggi. Hadoooh capek banget jadi org Indonesia,, negara tetangga yang awalnya gx sekaya negara kita aja bisa menggratiskan biaya pendidikan. Sementara negara kita yang katanya kaya, e.. malah ketinggalan jauh dengan negara-negara yang dipandang sebelah mata. Kalau ingin bangsa ini maju, tolong gratiskan biaya pendidikan. Karena ini kunci dari segala masalah di Indonesia ini yang kurang akan sumber daya manusianya. Go Free,, Go Free

    Andri Haryono responded:
    6 Desember, 2011 pukul 7:46 am

    “Karena ini kunci dari segala masalah di Indonesia ini yang kurang akan sumber daya manusianya”

    tapi km bilang “kalau menurut saya percuma aja belajar.. Soalnya lulus pun gx bisa juga masuk ITB”. berarti kamu ‘bakal’ jadi salah satu orang yang menyusahkan bangsa beberapa tahun ke depan, ya ngga?
    ngga ada yang salah dengan belajar. kamu kuliah di manapun, belajar itu penting. jangan lupa lho, belajar jangan cm karena pengen punya nilai bagus, tapi karena pengen kamu jadi orang yang lebih berwawasan. long live learning :p

    jangan patah semangat ya, kan ada beasiswa..

    Resi setiawati said:
    15 Desember, 2011 pukul 9:59 pm

    klo umur udah 25 thn bisa gak ya masuk itb?saya udah kuliah di STMIK tapi pengen kuliah lagi ngambil S1 lg dengan beda jurusan di ITB?minta dishare ya infonya,,,sebelumnya terima kasih

    Andri Haryono responded:
    16 Desember, 2011 pukul 8:10 am

    Sepengetahuan Saya, Batas jatah masuk ke ITB lewat jalur SNMPTN adalah 3 tahun setelah kelulusan SMA.Sedang untuk jalur lain biasanya lewat institusi yang menyelenggarakan kerja sama dengan ITB untuk melanjutkan ke S1 dari D3.
    Misalnya dari Angkatan Udara yang kerja sama dengan Elektro ITB

    Ganjar Budiansyah said:
    17 Desember, 2011 pukul 7:22 pm

    mas andi, kalo misalkan mau sharing soal perkuliahan di ITB saya harus ke bagian apa? soalnya masih banyak hal yang mengganjal baik dari sisi usia, ijazah dan biaya..? saya ingin masuk di jurusan astronomi.

    randha mulia said:
    24 Desember, 2011 pukul 9:39 pm

    ass.
    Saya mau nanya,formulir permohonan diskon http://
    http://www.itb.ac.id/usm-itb/
    form-prodi-2011.pdf
    berlaku gak buat thn 2012..?

    Miha said:
    26 Desember, 2011 pukul 5:42 pm

    mas mau tanya, ITB jalur undangan kan ngeliat nilai rapot nah boleh tau kriteria nilai rapotnya minim harus berapa biar bisa lolos seleksi ITB jalur undangan ? makasih

    Andri Haryono responded:
    27 Desember, 2011 pukul 11:07 am

    @miha : Kalo mau aman sih rata2 nya 8.0
    @all : kalo emang minat bisa liat situs

    masukitb.com

    aku said:
    5 Januari, 2012 pukul 1:36 pm

    ass..mas thn dpn sy mw msk ipb terus klo sy ngajuin diskon 100% dan surat2 lengkap tp msih ditolak bgmna ?? apa terpaksa sy hrs melupakan impian???mohon bls!!!
    minat:: fsrd

    inten said:
    5 Januari, 2012 pukul 1:39 pm

    ada keringan uang sester gak???trs klo ada gmn cara mintanya??? 5jt msih termasuk mahal utk gol ekonomi bapakku

    Andri Haryono responded:
    5 Januari, 2012 pukul 1:49 pm

    @ di atasnya inten : blm daftar kok udah nyerah? lagian nothing to lose ini kan..ga ada yg perlu km takutin..

    @inten : setahu saya ga ada, tapi beasiswa banyak. Kalo km mau tahu, tahun 2011 ga ada mahasiswa TPB yg DO/mengundurkan diri karena ga sanggup bayar kuliah..

    (ga ada niatan sombong)
    dulu Saya pernah dapet beasiswa sampe 3,6 jt/ bulan padahal SPP nya 2 jt /semester..-tapi kemudian sy mundur dari beasiswa2 lain yg saya dapet, akhirnya cuma nyisa 1 beasiswa-
    bandingin ya, satu per bulan, satu per semester..padahal sy ga pinter2 amat :p

    indry luphie lophe said:
    6 Januari, 2012 pukul 3:19 pm

    Mas mau tnya kalo jalur undangannya tu kira” nilainya harus berapa?

    Andri Haryono responded:
    6 Januari, 2012 pukul 5:31 pm

    Kasih nilai terbaik yg bisa kamu dapet :)

    Vivien Diawani said:
    6 Januari, 2012 pukul 11:03 pm

    Yang begini yg ak cr drdulu . .tp ak lulusnya bru taun 2013 . .kira* ketentuan* biaya+proses brubh ga ya :/ ?soalnya minat x dgn FTTM :)

    Andri Haryono responded:
    7 Januari, 2012 pukul 10:25 am

    Kemungkinan berubah pasti ada, cuma ga drastis. nanti kalo ada perubahan akan Saya infokan

    warsan said:
    7 Januari, 2012 pukul 12:05 pm

    sy mw tanya biyaya kuliah persemester. ambl jurusn teknik elektro. dn jelas kan rinciannya.

    Andri Haryono responded:
    7 Januari, 2012 pukul 2:31 pm

    coba kamu buka masukitb.com
    disana sepertinya udah banyak infonya

    twitternya : masukitb

    Christop Nathanael said:
    13 Januari, 2012 pukul 9:03 pm

    Bang, kalo jalur undangan itu yang dipertimbangkan agar masuk apa aja bang
    trus, kalo misalnya dah masuk dari smptn tertulis, biayanya gimana bang
    thanx..

    Andri Haryono responded:
    14 Januari, 2012 pukul 10:37 am

    Pertimbangannya :
    1. Nilai Raport (Rata tingggi di semester 1 sampai 5 akan sangat menolong)
    2. Prestasi akademik : juara olimpiade, siswa berprestasi, menang lomba dll
    3. Prestasi non-akademik : juara olahraga, fashion show dll
    4. Organisasi kesiswaan : OSIS, ROHIS, dll

    Semoga membantu..

    dwi kurnia s said:
    14 Januari, 2012 pukul 1:27 pm

    kak,kira kira klw mw msuk itb jaluR undangan peluang ny gmn?
    Kn itb ptn terfavorit…

    nahki said:
    14 Januari, 2012 pukul 3:31 pm

    k mau tanya! klo dari smk bisa ikut jalur undangan ga yaa? and caranya gmana.
    thanks… di jawab yaa!!!

    Andri Haryono responded:
    14 Januari, 2012 pukul 7:44 pm

    Bisa, caranya sama dengan jalur sma biasa, liat di komen atas ya

    Andri Haryono responded:
    14 Januari, 2012 pukul 7:45 pm

    @dwi : peluangnya bagus-bagus saja :)

    sarasmita said:
    17 Januari, 2012 pukul 1:30 pm

    mas,, saya sangat berniat sekolah di itb, tp mikir2 masalah biaya masuknya.. klo mau ngajuin subsidi 100% syaratnya apa saja?

    nurul ghaida said:
    19 Januari, 2012 pukul 3:34 pm

    ass..
    ka mau tanya low beasiswa yang BPPM itu kn dpet ptongan 25% atau 50% atau 75% nah itu low yg biaya persemester nya gmana?? dapet keringanan?

    Andri Haryono responded:
    19 Januari, 2012 pukul 11:17 pm

    Biaya semester nanti ada beasiswanya

    ipan said:
    21 Januari, 2012 pukul 2:59 pm

    usm itb masih diadain kagak??

    Andri Haryono responded:
    21 Januari, 2012 pukul 3:52 pm

    Udah ngga lagi..

    ann said:
    24 Januari, 2012 pukul 8:29 am

    untuk tahun ini formulir keringanan biaya di atas masih berlaku nggak?
    trims

    rio said:
    24 Januari, 2012 pukul 7:48 pm

    Kita semua saling mendoakan,semoga itb dapat kita tembus dengan biaya yang standart tandartnya,maju terus….!!!!!

    Andri Haryono responded:
    25 Januari, 2012 pukul 10:19 am

    Aaaamiin, selamat berjuang adek2 sma kelas 3 :)

    lilis gumilang said:
    27 Januari, 2012 pukul 9:52 pm

    waahh, saya minat banget masuk ITB FTMD dan STEI.. Passing Grade nya kira kira berapa yaa?

    ardi701 said:
    5 Februari, 2012 pukul 1:39 am

    Assalamualaikum,,
    Aku mw tp gk tw cara daftar online nya gimana ya,,
    Oh tolong kasih tw lewat email ya
    Ardiharry@ymail.com ….

    Andri Haryono responded:
    6 Februari, 2012 pukul 9:41 am

    coba liat di sini http://www.itb.ac.id/usm-itb/

    lengkap kok infonya :)

    kiki said:
    8 Februari, 2012 pukul 10:27 pm

    mas saya kiki..
    mo nanya…. pha fak.stei bnyak saingan nya ga kalo snmptn jalur undngan..???
    krn khan favorit t.
    trus nilai sya rata” 70 n 75..
    pha bisa t..

    truz pha jha keunggulan stei mas?
    replay k email saya saja..blas sgera
    akikokikuchi_kawaii@yahoo.co.id

    Andri Haryono responded:
    9 Februari, 2012 pukul 9:56 am

    Saya kurang tau detail statistik nya, cuma ya biasanya STEI emang rame yg daftar. Saingan juga pastinya banyak :)
    nilai kamu bagus kok, daftar aja, ga ada salah nya nyoba kan?

    keunggulan STEI ya, coba Saya list..
    - Dosennya secara umum baik-baik, bahkan sangat perhatian
    - Koneksi ke alumni banyak
    - kuliahnya ga berat2 amat (praktikum paling 2 biji satu semester)
    - Saya pernah kuliah disana, hahhaa #apa coba..

    corleone said:
    14 Februari, 2012 pukul 11:00 pm

    kak saya berminat masuk itb dan ingin mengajukan subsidi 100%
    penghasilan orangtua saya sekitar 2 juta, menurut kakak diterima atau tidak pengajuan subsidi saya ?
    thx kak, maklum lagi galau gara2 itb mahal hehe

    Andri Haryono responded:
    15 Februari, 2012 pukul 7:58 am

    semoga kamu diterima, aaamiin..

    Sri Wahyuni said:
    16 Februari, 2012 pukul 4:39 pm

    waduh saya jadi agak pesimis nih kalo mau masuk kesitu -_- tapi ada minat untuk ITB nih, takut orang tua gak bisa biayaiin semahal itu :(

    Sri Wahyuni said:
    16 Februari, 2012 pukul 4:40 pm

    huhuhu

    Andri Haryono responded:
    16 Februari, 2012 pukul 11:55 pm

    Silahkan dibaca komen2 saya di atas soal beasiswa di ITB :)

    Faris Tua Siahaan said:
    19 Februari, 2012 pukul 3:17 pm

    kak, waktu mengisi form SNMPTN Undangan, gaji orang tua saya sebesar 4.000.000/bln dengan jumlah tanggungan 3 org anak, apakah saya pantas untuk mengajukan potongan BPPM 100% ? mohon masukannya kak. Terima kasih

    Aufa said:
    19 Februari, 2012 pukul 8:31 pm

    Kak, mau nanya. Kalo lewat jalur tulis milih FMIPA agak berat gak saingannya? Kalo lewat jalur tulis, pengisian pengurangan dana (lupa namanya apa) itu kapan? Kan kalo lewat jalur undangan 16 maret 2012

    Andri Haryono responded:
    20 Februari, 2012 pukul 8:30 am

    @Faris : daftar aja, semoga lulus ya :)
    @Aufa : biasa aja kok, yg penting kamu siapin diri kamu semateng mungkin..
    untuk info administrasi lebih baik liat situs itb langsung deh http://www.itb.ac.id

    Nandini Wara Sasri said:
    25 Februari, 2012 pukul 6:47 pm

    Maaf kak, mau tanya. Kalau misalnya mengisi 100% kira-kira patutnya gaji ortu maksimal berapa ya? Apa buat subsidinya itu “pilihan sendiri” apa nantinya dipilih/diseleksi sama ITB?
    Terima kasih sebelumnya, kak :)

    Andri Haryono responded:
    27 Februari, 2012 pukul 11:15 am

    Kalo 100 % mungkin gaji ortunya minimal di atas 20jt kali ya, maksimalnya infinite :0
    kalo subsidi itu kita yang pilih sendiri, semoga membantu

    nia emilla said:
    28 Februari, 2012 pukul 7:28 am

    anak saya th ini ikut jalur udangan maunya dari dulu keukeuh pengen arsitek di itb, bagaimana persaingan masuk arsitek itb? bagusnya arsitek di tempatkan di pilihan pertama atau kedua? trus kalau SBM dan Non SBM itu apa? di data siswa dicantumin tentang gaji orang tua, apakah itu akan mempengaruhi keterima atau tidaknya masuk ITB? terima kasih.

    Andri Haryono responded:
    1 Maret, 2012 pukul 1:39 pm

    Saya kurang tau untuk masalah data seperti itu karena memang kompetisi masuk ITB cukup kuat. Yang bisa Saya sarankan untuk anak Ibu adalah belajar sedikit ‘extra’.

    “The different between ordinary and extraordinary people is just a little extra”

    SBM (sekolah bisnis manajemen) dan non-SBM hanya membedakan untuk jurusan teknik (harus dari IPA) dan non teknik, FSRD dan SBM, yang boleh dari IPA atau IPS.
    Untuk masalah slip gaji jangan kuatir, itu hanya pengumpulan data oleh ITB, semacam survei.
    Gaji orang tua Saya kecil, tapi alhamdulillah Saya masuk2 aja di ITB, hehe

    Noni said:
    1 Maret, 2012 pukul 8:02 pm

    kak kalau misalnya udah diterima di ITB thu pembayarannya langsung apa berangsur..??

    Andri Haryono responded:
    2 Maret, 2012 pukul 1:36 pm

    yang ada, pembayarannya langsung atau bisa minta penangguhan pembayaran. jadi bisa nabung dulu atau nyari beasiswa

    septiyan saputra said:
    12 April, 2012 pukul 10:08 am

    mas. saya septiyan. mo nanya ni. kan saya mau masuk ITB ni. mo ambil FSRD trus tau informasi tentang pendaftaran jalur prestasi ngga ? trus satu lagi mas. disitu mas pernah coment. diskon itu buat semua fakultas kecuali FSRD. jadi gimana tu suapay dpet diskonan. hahaha :) dibales ya mas

    septiansaputra37@yahoo.co.id

    mila karmila said:
    7 Mei, 2012 pukul 5:48 pm

    mas saya mila, mas saya mw tanya kalo biaya mazux jurusan kedokteran gimana ych?
    berapa?makasih…

    Andri Haryono responded:
    8 Mei, 2012 pukul 9:06 am

    waduh kalo itu sy ga tau..
    hehehe, kedokteran mana ya maunya?

    asep said:
    12 Mei, 2012 pukul 3:52 am

    kak kalo rata rata snmptn undangan nya 8, sekian masuk ga yah?
    pilihan pertama saya sbm ke dua nya elektro saya dri ips kira kira yg ke terima yg mana yah? hhe saya pinginya sbm hhe amin :)

    Andri Haryono responded:
    12 Mei, 2012 pukul 11:24 am

    semoga lulus yang SBM, soalnya kalo yg elektro agak mustahil dari IPS :p
    semangat!

    johan said:
    14 Mei, 2012 pukul 10:34 pm

    beasiswa 100%, bayar 750.000/sks tetapkan?

    wulan said:
    17 Mei, 2012 pukul 12:57 pm

    saya mau tanya, saya daftar undangan, nilai rata2 saya sktr 89, terus saya daftar pilihan pertama FTI yang kedua FTSL. Tapi BPPMnya saya minta potongan 80%, karena penghasilan ortu kira2 3 juta. Kira-kira gimana ya peluangnya?

    astri said:
    19 Mei, 2012 pukul 7:33 pm

    kak, mau nanya, tolong dijawab ya.. subsidi bppm itb itu mempengaruhi penilaian diterima atau tidaknya kita di itb ga?

    Andri Haryono responded:
    21 Mei, 2012 pukul 8:57 pm

    @astri ngga, kualitas kemampuan akademik kamu yg mempengaruhi

    Ulfa Pramita said:
    27 Mei, 2012 pukul 5:25 pm

    Kak, saya mau tanya, kan waktu ngisi form bppm, saya milih subsidi 100%,
    kira” klau misal’y data eko gk sesuai, subsidi bkal berubah jd 80%, 60%, 20% atau permintaan subsidi langsung ditolak?
    jawab ya Kak…
    Makasih. :)

    Andri Haryono responded:
    28 Mei, 2012 pukul 10:44 am

    nanti itu ada background check dari data yg km bikin. kalo kamu nulis ga sesuai ada resikonya jg. kan di akhir form BPPM ada tulisan km mengisi form ini dengan sebenar2nya. kalo ternyata ga bener. mgkn ga diterima :p
    #buat yg kaya..

    kalo yang ekonomi nya kurang mampu dan harus minta 100% ya minta aja. Itu udah haknya kok :)

    Ulfa Pramita said:
    28 Mei, 2012 pukul 9:22 pm

    oh… mkasih ya Kak :)

    Rafif Fauzan said:
    4 Juni, 2012 pukul 10:26 am

    kak saya mau nanya, kenapa untuk teknik meteorologi bisa mendapatkan subsidi 100% ? maaf kalau sebelumnya sudah pernah ada yang bertanya :) terimakasih

    Andri Haryono responded:
    5 Juni, 2012 pukul 8:51 am

    soalnya ada beasiswa dari fakultasnya

    Rafif Fauzan said:
    5 Juni, 2012 pukul 10:25 am

    oh gitu, thanks ka :D

    rufan said:
    6 Juni, 2012 pukul 6:48 pm

    ka klo buat taun ini bayar bppmnya 1x doang ya ga boleh dicicil? makasih ka

    rangga said:
    8 Juni, 2012 pukul 7:14 am

    kak andi.. saya mau nanya apa syarat2 utk mendaftar yang kedua nantinya… maksudnya kalo sudah di nyatakan lulus masuk ITB…. terima kasih kak atas penjelasannya…

    Andri Haryono responded:
    11 Juni, 2012 pukul 9:17 pm

    siapin aja berkas2 yang dikasih di pengumuman itu: slip gaji ortu, slip bayar listrik sama air, surat keterangan dokter, surat dari dokter mata untuk fak tertentu dll

    Nn.Black said:
    13 Juni, 2012 pukul 10:27 pm

    Mas Andri, kalau udah selesai S1 Analis kesehatan, bisa lanjut di Itb ga? trus, kira2 masuk di jurusan mana ya? kalau farmasi,bisa atau enggak?

    Andri Haryono responded:
    15 Juni, 2012 pukul 1:07 pm

    wah kalo itu saya kurang tahu juga mbak, coba buka web nya langsung deh :P

    anita nababan said:
    16 Juni, 2012 pukul 9:16 am

    gini loh mas, saya udah lulus di itb jalur undangan di FMIPA bagian astronomi. saya merasa tidak menyukai bidang itu. saya takut gak punya pekerjaan nantinya. jurusan astronomi bisa kerja dimana nanti??? saya sampai gak bisa tidur karna mikirin itu terus2an… saya udah daftar ulang. tapi sya baru mnyesal skrg

    Andri Haryono responded:
    21 Juni, 2012 pukul 11:24 am

    jangan diambil aja, daripada kamu nyesel..
    ini cuma saran ya, keputusan akhir semua ada di kamu. Apa yang kamu rasa baik, kerjain aja

    randiekasetiawan said:
    24 Juni, 2012 pukul 12:29 pm

    mas saya berasal dari sekolah smk ,
    katanya untuk tahun sekarang itb ga nerima smk ,
    itu bener ga sih ?
    soalnya tahun depan saya lulus

    Andri Haryono responded:
    27 Juni, 2012 pukul 11:41 pm

    Itu info dari mana km dapet?sy sendiri ga tau

    Iqbal said:
    7 Juli, 2012 pukul 2:06 pm

    Maaf, bayar bpm itu dapat dicicil tidak ya?

    Nn.Black said:
    7 Juli, 2012 pukul 8:51 pm

    Saya udah beberapa kali buka webnya. Tapi bingung2 bacanya. Kalau mau daftar S2, persyaratannya cuman nilai IP rata-rata dan TOEFL tinggi aja. Itu yang saya pahami dari webnya.

    Andri Haryono responded:
    8 Juli, 2012 pukul 5:55 pm

    Bisa mengajukan penangguhan sampai satu tahun untuk nabung atau mencari beasiswa mas. Semangat!

    Andri Haryono responded:
    8 Juli, 2012 pukul 5:56 pm

    Standar umumnya biasanya memang begitu. cuma nanti akan ada berkas2.lain seperti surat rekomendasi, tes dan sejenisnya. Mungkin akan leboh pas kalau ditanyakan ke anak s2 atau dosen itb

    sugeng riadi said:
    12 Juli, 2012 pukul 8:21 am

    saya brminat skli untk masuk kuliah di ITB Bandung.sya mau nanya nni, di sna ad jurusan yng mngrah ke jaringan kmputer nda

    Andri Haryono responded:
    12 Juli, 2012 pukul 11:19 am

    Ada banget mas, kamu masuk aja elektro. mabok-mabok dah ngurusin network begituan

    audina said:
    24 Juli, 2012 pukul 10:12 pm

    mas, saya mau tanya, kalau sbm itb kira-kira penerimaannya ada gak melalui jalur tertulis snmptn tahun 2013? terima kasih

    Andri Haryono responded:
    25 Juli, 2012 pukul 8:44 am

    Harusnya ada, mbak. Dipersiapkan saja belajarnya

    cika said:
    7 Agustus, 2012 pukul 5:11 pm

    kaka , pendaftaran tahun ini bukanya bulan apa ya ?/

    Amran Zainuri said:
    10 Agustus, 2012 pukul 9:30 am

    kak, mau nanya. kalo bukti tertulis kita ikut organisasi itu jika kita masuk lewat undangan dr mana ya? dr rapor atau kita nyebutin sendiri? terus mau nanya lagi, saya sangat minat bgt di STEI krn doyan komputer. kira2 kemampuan lebih yg harus dimiliki apa aja ya kak?

    Andri Haryono responded:
    10 Agustus, 2012 pukul 1:17 pm

    minta aja dibikinin surat keterangan km anggota organisasi itu, cantumin jadi apa jabatannya. Buat referensi, jadi ketua/sekretasris/bendahara itu sangat bagus lho penilaiannya
    untuk STEI, kalo kamu bisa ngoding atau suka ngoprek alat elektronik, akan sangat membantu nanti di kuliahnya

    Indah said:
    12 Agustus, 2012 pukul 1:15 pm

    kalo beasiswa minat untuk astronomi tahun 2013 masih berlaku gak ya? pengen banget masuk jurusan astronomi tapi biayanya gak kuat. hehe makasih, ditunggu jawabannya kak :)

    Andri Haryono responded:
    15 Agustus, 2012 pukul 9:06 am

    Biasanya ada tiap tahun mbak (pengalaman beberapa tahun ini).
    Siapin aja berkas-berkasnya buat tahun depan. Semangat!

    Yusuf Ady said:
    15 Agustus, 2012 pukul 10:39 am

    Mas mau tanya, di ITB itu syarat diterimanya mhs per Fakultas sama atau beda2? Terus untuk ke FTI ITB itu rata2 minimalnya brapa ya untuk tahun 2013? Terimakasih, mohon jawabannya ya mas.

    Syifa said:
    22 Agustus, 2012 pukul 9:17 pm

    kak apa polman masih bekerjasama dgn ITB? kalo kita lulus dari situ masih dapet ijazah ITB?

    Ikhsan Zzurie said:
    26 Agustus, 2012 pukul 12:18 am

    ada beasiswa bwt anak SMK jurusan pertambangan gx kk?

    aby said:
    1 September, 2012 pukul 11:38 pm

    mau nayamas kalo daftar s2 biaya sbm nya sama dengan s1 gak?

    Moehammad Hendra said:
    1 September, 2012 pukul 11:41 pm

    Info Biaya kulia S2 nya dshare dong mas ? takutnya budget kurang nih

    syarif said:
    2 September, 2012 pukul 9:34 am

    apa itb bisa nerima jalur undangan kalo yg dari SMA swasta mas?
    mau masuk fsrd sih

    Ani said:
    4 September, 2012 pukul 3:05 pm

    mas mau nanya, apa keunggulan dari jurusan astronomi itb ?
    dan biasanya lulusan astronomi itu kerjanya dimana sih ?

    yudit said:
    9 September, 2012 pukul 9:15 pm

    mas, klo mw nglnjtin dari D3 ke S1 gmn ya? tknik prminykan….

    Andri Haryono responded:
    10 September, 2012 pukul 1:35 pm

    @yudit: wah kalo di itb rasanya udah ga ada program ekstensi deh..

    yudit said:
    12 September, 2012 pukul 2:32 pm

    kalo yg di trisakti mas?

    Andri Haryono responded:
    13 September, 2012 pukul 8:23 am

    wah itu mana saya tau..
    kamu nanya orang yg salah :p

    yudit said:
    13 September, 2012 pukul 11:37 am

    sya kra mas tw jg info nya, heheh. ok mksh mas…

    Yudhi Lintang said:
    27 September, 2012 pukul 1:24 pm

    ka, kalau mau masuk jurusan pertambangan tapi saya lulusan SMA[IPS] masih ada harapan ga ?
    mohon bantuannya om

    Dandy said:
    10 Oktober, 2012 pukul 8:18 pm

    Kak andri sya sepertinyaa buta warna parsial gtu..kalo masuk perminyakan atau pertambangan bisa ga???

    Andri Haryono responded:
    11 Oktober, 2012 pukul 8:18 am

    Saya tidak hapal persyaratannya. setau saya yang ga boleh buta warna adalah Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Farmasi, Biologi, dan Kimia. Yang lain masih boleh apalagi cm parsial. CMIIW

    Shierly Theo (@Shierly_DV) said:
    16 Oktober, 2012 pukul 10:49 am

    pengen bgt masuk itb. kalo tahun 2013 itb nerima anak smk ga ??

    Andri Haryono responded:
    16 Oktober, 2012 pukul 2:33 pm

    madrasah alyah aja diterima. itu contoh temen yang di Teknik mesin. Saya rasa SMK jg bisa asal kemampuannya oke..

    prili said:
    26 Oktober, 2012 pukul 2:29 pm

    mas, mau tanya..
    saya murid smk, ingin mengikuti jalur undangan.
    apakah bisa untuk masuk jurusan astronomi?

    randy tirta sandi said:
    4 November, 2012 pukul 11:01 pm

    saya mau tanya. untuk mendapatkan 100% jika membuat slip gaji supaya tidak di curigai berapa yah…. kasian orang tua saya. ayah cuman bengkel honda kecil kecilan di desa, sedangkan ibu saya jualan es untuk membantu ayah saya…..

    Andri Haryono responded:
    5 November, 2012 pukul 9:27 am

    ya dibuat sejujurnya aja
    ga usah ada yg ditutup2in..

    Eri supriyadi said:
    19 November, 2012 pukul 6:49 pm

    Kalau bs biyaya lbh di murahin lg… Soalnya byk nak2 miskin yg punya pontesi bagus sayang dia harus ngamen di jalanan.

    etro said:
    1 Desember, 2012 pukul 5:26 pm

    mas, saia baru lulus sma nih tapi nunda kuliah setahun karna sakit. apa saia boleh ikut seleksi jalur undangan? atau saia cuma boleh lewat jalur snmptn?
    trs prospek kerja jurusan arsi bagus ga? boleh minta kontak temen mas yg alumni arsitektur..?
    trus dulu ketika mas kuliah, rata2 per semesternya butuh brapa toh (trmasuk sks, biaya persemester dll)? trimakasih utk jwbannya :)

    Andri Haryono responded:
    4 Desember, 2012 pukul 10:43 am

    Siang mas etro.
    Sekarang udah sehat mas?kalo ga salah, yang diterima di jalur undangan hanya yg lulus di tahun pertama, istilahnya fresh graduate kali ya..
    coba aja jalur SNMPTN atau ujian kampus yang ada di beberapa Univ lain.
    kalo masalah prospek sih bagus2 aja. untuk no kontak, coba km buka twitter, liat akun @masukitb tanya2 aja disana.
    Kalo jaman Saya kuliah 2006-2010. biaya kuliah total semua (sks, bppp, bpps) itu 2 jt, tapi sy ga bayar, hehehe
    gratisan dari beasiswa. skrg juga ada beasiswa, malah lebih banyak

    wildan said:
    25 Desember, 2012 pukul 12:00 pm

    mas, mau tanya ,sya ank smk teknik(STM) jrusan Gambar bangunan,sya ingin masuk itb jurusan sekolah arsitektur perencanaan dan pengembangan kebijakan lewat jalur undangan.. apakah bisa smk daftar jalur undangan ?? sedangkan yang diutamakan itb ,sma Ipa???

    Andri Haryono responded:
    26 Desember, 2012 pukul 10:19 am

    bisa aja mas, adek kelas saya aja ada yang dari madrasah bisa masuk jurusan Mesin sama Farmasi di ITB. asal mas niat ngembangin kemampuan. maju aja!

    wildan said:
    3 Januari, 2013 pukul 6:54 am

    ok dicoba, 2013 matur nuwun sanget mas!, hatur nuhun nya.

    andika said:
    13 Januari, 2013 pukul 1:13 am

    mas saya punya masalah tolong dibantu dan dijawab,
    saya ingin masuk itb jurusan geodesi tapi yg kuliahnya cuman satu tahun atau 6 bulan aja ada gak ya? semacam kursus getu deh atau apapun namanya yg penting jangka waktu kuliahnya maksimal 1 tahun.
    soalnya ada prusahaan yg mbutuhin saya, tapi dalam waktu 6 bulan-1tahun kedepan saya harus sudah lulus kuliah dan akan dikirim ke daerah kaltim untuk menangani sebuah proyek.
    brikut profil saya:
    saya lasaya lulus tahun 2008 dari SMA jurusan IPS.
    yg jadi soal lagi apakah jurusan IPS dan lulusan 2008 masih bisa diterima di jurusan geodesi??
    Tolong bantu saya ya..mas

    andika said:
    13 Januari, 2013 pukul 1:21 am

    saya kelahiran tahun 1985

    fiana said:
    19 Januari, 2013 pukul 7:05 pm

    aku ingin maasuk di ITB ,, tp syngx jauh bngt …aku jg ingin mengejar cita2 q… oy mas,,,mg gk bsa y tesnya to dari kota kita disini/????

    yanti said:
    20 Januari, 2013 pukul 11:36 am

    mas mau tanya saya lulusan taun 2009 masih bida ikut spmb taun 2013 ga iah?

    Andri Haryono responded:
    21 Januari, 2013 pukul 9:04 am

    Pagii…
    @fiana : kalo test masuk bisa dari manapun, nanti di opsi pilihannya, pilih aja ITB
    @yanti : udah ga bisa mbak, kan maksimal 3 tahun…

    rita said:
    24 Januari, 2013 pukul 8:43 pm

    Mas mau tanya kalo di itb ga bisa kuliah sambil kerja ya ? Atau ga ada kelas karyawan gitu

    abed said:
    25 Januari, 2013 pukul 1:10 am

    kan mau nanyak.
    Rta2 nilai sya 90 ke atas trus dri smester 1 smpe 5.
    Kra2 pluangnya bsar gk lulus di fttm itb?
    Mhon dblas ya kak

    Andri Haryono responded:
    25 Januari, 2013 pukul 10:00 am

    @nbak rita : Ga ada kelas karyawan di ITB, semuanya reguler.
    @abed : insya allah lulus, nyiapin administrasi nya yg teliti ya, jangan ada yg kurang..

    Salam

    Yuda Bagaskara said:
    27 Januari, 2013 pukul 10:54 pm

    mas bpps untuk fakultas tekhnik 5 juta kan. nah itu apa sudah mencangkup sks persemester dan praktek ?

    Andri Haryono responded:
    28 Januari, 2013 pukul 11:26 am

    sekarang blm tau lagi mas updatean berapa BPPP nya, klo BPPS kan tergantung tingkat ekonomi orang tua

    Yuda Bagaskara said:
    28 Januari, 2013 pukul 3:19 pm

    kalo BPPM tahun 2013 apa masih diatas 40 mas ?

    nunu said:
    30 Januari, 2013 pukul 6:34 pm

    Info biaya masuk buat tahun 2013 dong mas, makasih.

    Andri Haryono responded:
    31 Januari, 2013 pukul 9:31 am

    Maaf kalo untuk biaya 2013 masih belum keluar informasinya..

    Aditya Eka Setiawan said:
    1 Februari, 2013 pukul 7:35 am

    kakk, kira2 untuk taun 2013 ada beasiswa kaya di taun2 sebelumnya ?

    Andri Haryono responded:
    1 Februari, 2013 pukul 9:27 am

    ada kok, tiap tahun pasti ada, tenang aja…
    Ga usah terlalu khawatir masalah pendanaan kalo masuk ITB, tp jangan manja jg ya..
    beasiswa di sana banyak bgt. asal km selalu update

    ayu said:
    6 Februari, 2013 pukul 12:17 pm

    kak klo rata-rata 85 milih FTSL dan FTTM undangan peluangnya seberapa?

    bintang said:
    8 Februari, 2013 pukul 11:37 am

    kak saya ingin msk Itb,tp sy lulusan tahun kemarin gmn yah?
    selain it biayanya tinggi btg,

    Hasbi said:
    9 Februari, 2013 pukul 4:16 pm

    untuk transfer D3 ke S1 ITB jurusan DKV apakah ada mas..??
    saya lulusan desain grafis D3..

    lalu apa-apa saja syarat yang ditentukan untuk transfer D3 ke S1 ITB..??
    mohon bimbinganna..

    Andri Haryono responded:
    11 Februari, 2013 pukul 8:41 am

    @ayu : kalo untuk masalah peluang Saya ga tau, soalnya ada yang namanya indeks sekolah /akreditasi. Nilai 85 di sekolah akreditasi A tentunya beda dengan 85 di sekolah akreditasi B. sekarang km nya gmn?kalo niat masuk ITB mah, daftar aja. pilihan 2 nya cari yg kira2 km pasti masuk, buat back up

    @bintang:kalo ga salah, sistem daftar nya sama dengan yg lulus tahun ini, via sekolah lewat jalur undangan. kalo biaya di ITB tinggi menurut Saya ga masalah, beasiswa nya banyak. Kemungkinan tahun ini juga uang sumbangan yg 45 juta itu kabarnya ditiadakan

    @hasbi:setahu Saya ITB tidak menerima kuliah ekstensi umum. kecuali yang kerja sama dengan badan2 tertentu. Misalnya di jurusan elektro, ada kerja sama ekstensi TNI-AL dengan jurusan teknik elektro

    Semoga membantu, Salam

    bintang said:
    15 Februari, 2013 pukul 12:22 pm

    jalur undangan ? apa jalur mandiri/tertulis kak,

    Andri Haryono responded:
    15 Februari, 2013 pukul 4:18 pm

    sekarang udah ga ada jalur tertulis lagi. semuanya jalur undangan. biaya gratis

    brodeus said:
    23 Februari, 2013 pukul 5:28 pm

    kak mau nanya nih sertifikat itu memang sangat perlu ya?
    trus rata2 nilai rapor yg diambil hanya sebagian nilai (mm, fis, kim)atau semua?

    bintang said:
    7 Maret, 2013 pukul 2:54 pm

    gmn cara daftarny saya lulusan kemaren kak .

    Andri Haryono responded:
    7 Maret, 2013 pukul 6:48 pm
    fernando etshar said:
    29 Maret, 2013 pukul 11:16 am

    Mas sya boleh mnta no hp nya,sya mhon bimbingannya untuk msuk itb,klw boleh kiim ke e-mail sya aja mas, fernandoetshar@yahoo.com
    Mksi mas,wassalam

    Andri Haryono responded:
    1 April, 2013 pukul 9:06 am

    cek email ya mas..

    Witantra Dwi Pamungkas said:
    30 April, 2013 pukul 10:22 pm

    mas,apa saja yg di tes untuk masuk ke jurusan FTTM

    kevin marbun said:
    26 Mei, 2013 pukul 10:55 pm

    mas saya kevin ,saya mau msuk fmipa itb tahun ini
    kira2 passing grade msuk fmipa itb brapa ya mas? makasih

    viet AViat said:
    28 Mei, 2013 pukul 8:42 pm

    ini masih bisa pakai gak buat tahun sekarang ??

    Risky Yan S (@Risky_YS) said:
    9 Juni, 2013 pukul 2:40 pm

    kira2 klo punya prestasi akademik seperti juara OSN tingkat kabupaten bisa ga dapat jalur undangan dari ITB, kita yang harus mengajukan atau sekolah asal ke ITB, mohon infonya ya min

    Ronal Yario said:
    18 Juni, 2013 pukul 2:07 pm

    “Asslammua’alaikum,,prknalkan mas,nma saya ronal yario,,sya tamtan D3 T.Sipil di Politeknik Universitas Andlas (smtra barat) thun 2012,jdi gni mas saya mau nnya,apa ada jalus transfer dri D3 ke S1 tknik Sipil di ITP,n jika ada gmna y proses nya,,mohon msukan nya mas,,
    Email sya;Ronal_Yario@yahoo.com

    Ronal Yario said:
    18 Juni, 2013 pukul 2:11 pm

    Maaf mas,,maksud nya ITB,,

    Andri Haryono responded:
    18 Juni, 2013 pukul 3:19 pm

    sayangnya ga bisa mas, mas mgkn bisa coba di UI atau ITT Telkom klo mau yg deket sini

    handi said:
    28 Juni, 2013 pukul 9:21 pm

    alhamdulilah nih… berkat masnya yang udah share artikel ini saya berani masuk itb dan alhamdulilah sekali lagi saya di terima .. di FSRD ITB.. tahun 2012 kemarin dan alhamdulilah saya udah di semester 2 , dengan nilai yang memuaskan saya juga dapet beasiswa , saya setiap bulan dapet duit dari pihak itb , share aja nih dari pengalaman saya , jangan takut masuk itb , kuatkan saja tekad dan jangan lupa doa kepada allah insyallah seperti saya , amin semoga buat yang kepepet dengan masalah keuangan tenang aja di balik itu pasti ada jalan so lakukan yang terbaik pasti lulus.. dan menjadi almamater itb amin di tunggu di kampus kami buat adik2 yang ikut SNMPTN 2013.. caiyoo semangat thx ya yang punya web ini sukses banget… buat kamu..

    Pujel Sii Brandallokal said:
    9 Juli, 2013 pukul 12:14 pm

    mas saya ingi sekali masuk itb. saya lulus tahun depan, saya dari smk jurusan pelayaran, di jambi apakah ada jurusan untuk saya di sana mas, kalo ada apa nma jurusan nya mas, mohon bantuan nya mas

    Andri Haryono responded:
    14 Juli, 2013 pukul 8:44 pm

    mungkin bisa jurusan kelautan ya..
    tapi saya rasa lebih cocok di teknik perkapalannya ITS.
    btw smk pelayaran belajar soal cara berlayar atau cara bikin kapalnya?hehe

    Andri Haryono responded:
    14 Juli, 2013 pukul 8:45 pm

    makasih2, senang kalo berguna :D

    […] link aslinya  : http://bilt4blog.wordpress.com/2011/02/24/biaya-masuk-itb-2011-tips-bayar-murah-kuliah-di-itb/#comme… […]

    iswaramba said:
    24 Juli, 2013 pukul 1:28 pm

    makasih infonya kak,
    saya dari dulu pingin banget masuk ITB teknik perminyakan,
    kira2 ada persyaratan lain yang diminta?

    IrFansyah said:
    1 Agustus, 2013 pukul 10:25 am

    Kak . Beasiswa buat tehnik Geodesi ada gk ?

    Andri Haryono responded:
    1 Agustus, 2013 pukul 7:46 pm

    semua fakultas, bisa make jenis beasiswa yg sama kok..
    tenang

    Farid Hanafi said:
    9 Agustus, 2013 pukul 10:06 pm

    kak Andri, saya dari Kendal(sebelah barat semarang). saya brskolah di SMK jurusan otomotif, apakah ada peluang masuk FTTM ITB? Trus untuk biaya masuk min berapa? ada keringanan?

    Andri Haryono responded:
    14 Agustus, 2013 pukul 11:28 am

    salam farid, bisa kok. kamu belajar yang rajin ya, jaga nilai raport agar konstan naik. aktif di organisasi dan kalau bisa menang lomba skala besar (provinsi, nasional atau internasional)
    jelas ada peluangnya, kamu udah pas ini jurusannya, tinggal kamu perkuat usahanya aja, sama banyak berdoa.
    biaya masuk bisa nol, nanti ajukan aja beasiswa. biasa semester juga seperti itu.
    untuk info (dpt dari dosen), hampir 40% mahasiswa yg masuk itb di 2013 berasal dari keluarga tidak mampu/menengah ke bawah. mereka ditunjang oleh beasiswa.
    jadi tenang aja soal biaya, selama kamu ada niat, kuatin mental. insya allah bisa!

    Cecil said:
    20 Agustus, 2013 pukul 8:19 am

    Permisi, saya mau nanya.
    1. Kalau masuk dkv itu masuknya dari ipa/ips?
    2. Ekonomi saya pas-pasan apa saya masih bisa mendapatkan beasiswa?
    3. Kemampuan saya untuk mendesain tidak begitu besar, tapi saya punya tekad untuk menjadi seorang desainer, apakah menurut anda saya bisa masuk PTN ini terlebih mendapatkan beasiswa?
    4. Saya lulus tahun depan(2014), saya mrnyiapkan cadangan PTS apabila saya tidak masuk PTN ini, langkah apa yang seharusnya saya ambil karena

    Cecil said:
    20 Agustus, 2013 pukul 8:36 am

    Nama saya Cecil dari salah satu SMA di Bandung. Saya akan menanyakan beberapa hal.
    1. Untuk memasuki jurusan DKV, jurusan apa yang harus saya ambil? IPA/IPS
    2. Ekonomi keluarga saya bisa dikatakan “pas-pasan” tidak kurang dan tidak berlebih, dapatkah saya mendapatkan beasiswa?
    3. Kemampuan saya mendesain pun dapat dikatakan “pas-pasan”, tapi saya mempunyai tekad untuk menjadi desainer, alasan saya ingin masuk PTN ini adalah karena pendidikan yang ada di PTN ini terlampau luas dan bergengsi tinggi dengan pendidikannya yang tinggi, maka untuk mendapat pendidikan yang layak untuk menjadi seorang yang sukses, saya memilih PTN ini. Pertanyaannya, apakah mungkin saya masuk PTN ini, terlebih mendapatkan beasiswa?
    4. Saya akan lulus tahun depan (2014), sebentar lagi pendaftaran PTS akan dibuka, sayapun akan mendaftar di PTS untuk menjadi cadangan perguruan tinggi, saya ingin menanyakan pendapat Anda apakah langkah yang saya ambil tidak merugikan karena saat saya mendaftar pembayaran daftar ulang pun harus dibayar, kalau saya tidak mendaftar PTS apabila saya tidak lulus ujian PTN saya akan menganggur, jadi bagaimana menurut Anda?
    Terimakasih.

    Cecil said:
    20 Agustus, 2013 pukul 8:39 am

    Maaf tadi tulisannya saya kira hilang, lalu saya menulis postingannya kembali. Jadi ada dua postingan dengan topik yang sama tapi berbeda kata.. >.<

    Andri Haryono responded:
    21 Agustus, 2013 pukul 3:36 pm

    1. Kalo ga salah DKV syaratnya anak IPA,
    2. tetap saja bisa mendapat beasiswa, mungkin beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), nanti daftarnya pas udah masuk ITB
    3. mungkin saja, semuanya bergantung ke diri kamu. kalo kamu percaya km bisa masuk, berusahalah untuk masuk.
    4. Kalau memang secara ekonomi keluarga km ga sanggup bayar uang daftar ulang, saran saya sebaiknya jangan dl. karena km bisa daftar jalur undangan, kalo ga lulus bisa coba jalur tertulis

    semoga membantu,

    pinjaman tanpa agunan said:
    1 September, 2013 pukul 12:41 pm

    kebetulan banget saya lagi cari informasi biayanya, saya mohon ijin share yah..ada yang butuh infonya juga mas. makasih

    Ramadhan A said:
    21 September, 2013 pukul 12:11 pm

    Mas andri saya mau nanya nilai raport saya ada kurang dari nilai 8.0 apakah ada kemungkinan saya bisa masuk di itb ?
    Terimakasih :)

    Andri Haryono responded:
    22 September, 2013 pukul 8:54 pm

    kemungkinan pasti ada kok, dicoba aja dulu

    Muhammad said:
    4 Oktober, 2013 pukul 8:29 am

    Mau nanya mas. Kalo buat lanjutan dari D3 ada beasiswa gak?

    siti hajar said:
    19 Oktober, 2013 pukul 9:36 pm

    mau nanya nih..
    saya kan masih kelas 2 SMA, jdi untuk thun 2015 nanti ada??
    terus saya kan tinggal di luar bandung, jdi itu dapat biaya hidup gak??
    terimakasih sebelumnya.

    Andri Haryono responded:
    21 Oktober, 2013 pukul 10:00 am

    insya allah masih ada mbak
    semangat!

    erla wulan said:
    21 Oktober, 2013 pukul 11:18 am

    assalamualaikum
    mas,mnta bntuannya? sy ingn bgt nglanjtn d itb, ambl jrusn tknik sipil kira” daya tmpung dan biaya persmster brapa ya?
    mksh,wasalamualaikum

    Rini said:
    30 November, 2013 pukul 12:08 pm

    Kak, rata” rapor yg diterima brp ya? Nilai rapot saya hanya berkisar 87 an. Pengen masuk FTI ITB. Trimaksih

    Andri Haryono responded:
    3 Desember, 2013 pukul 7:46 am

    bisa..

    Ams Jumrotin said:
    1 Januari, 2014 pukul 7:48 am

    program studi untuk lajut dari D3 ke S1 Teknik pertambangan di ITB bisa apa enda mohon penjelasannya??

    novia dewi said:
    9 Januari, 2014 pukul 3:28 pm

    assalsm kak , kak saya pingin masuk itb tapi dari alumni saya engga ada yg masuk sana . itu bukan masalah kan ya ? . jurusan farmasi di itb gmn kak ? apa banyak saingannya ?

    Andri Haryono responded:
    9 Januari, 2014 pukul 4:12 pm

    gapapa, kamu jadi pelopor disana..hehe
    jurusan farmasi asik kok, klo masalah saingan sepertinya ga terlalu

    putra wahyu j said:
    25 Januari, 2014 pukul 8:39 pm

    kak biaya masuk teknik perminyakan berapa? dapat pemotongan harga gk soalnya masih banyak adik adik masih sekolah jadi beban makin berat?terima kasih:)

    Dwi said:
    18 Februari, 2014 pukul 12:33 pm

    program studi untuk lajut dari D3 ke S1 Teknik Lingkungan di ITB bisa apa tidak ya? mohon penjelasannya?? terima kasih..

    arif sanjaya said:
    6 Maret, 2014 pukul 1:22 am

    Kak,kalo nilai rata” ku 8,4 dri sekolah akreditasi B,itu peluang masuk teknik penerbangan di jalun SNMPT nya brpa % ,boleh tau brpa nilai rata” yg biasa’nya bisa masuk disana kak..
    Trims..

    Andri Haryono responded:
    6 Maret, 2014 pukul 5:25 pm

    daftar aja dek..jangan ragu2

    17121997Oke said:
    4 Mei, 2014 pukul 3:25 pm

    kak, masih gak ngerti sama sekali buat masuk itb . di atas kan kaka jelasin supaya uang masuk (uang muka) nya bisa lebih murah .. tapi kalo misalkan ada hambatan terus tidak bisa kita harus bayar penuh uang muka itu? terus bagaimana dengan biaya per semester dan yang lain?

    Andri Haryono responded:
    8 Mei, 2014 pukul 3:06 pm

    banyak kok beasiswa, tenang aja

    bagus said:
    9 Mei, 2014 pukul 1:46 pm

    goods,.

    Umi Sumiati said:
    16 Mei, 2014 pukul 10:16 am

    kalo smk bisa msuk itb??
    terus kalo buat taun ini permohonan diskon dana BPM nya gmna? formulirnya diambil dimna??

    Umi Sumiati said:
    16 Mei, 2014 pukul 10:25 am

    mohon bantuannya ya ka.. makasih sebelumnya..semoga kebaikan ka Andri di balas Allah swt :)

    Andri Haryono responded:
    21 Mei, 2014 pukul 11:01 am

    bisa mbak,
    kalo saat ini sepertinya jalur undangan sudah tutup untuk periode penerimaan 2014, jadi mbak bisa daftar via ujian SNMPTN (nama ujian bisa berubah tiap tahunnya). form tersebut akan mbak peroleh setelah pengumuman penerimaan nanti.
    aaaamiin, makasih doa nya

    Aji Mahendra Darmawan said:
    9 Juni, 2014 pukul 6:31 pm

    Kak saya may Tanya,
    1.Saya dari jurusan IPA,Kalo mau masuk DKV itu nilai raport yg paling berpengaruh mapel apa ya?Soalnya nilai saya labil,tapi masih kisaran rata2 85 itupun MIPAnya konstan.
    2.Saya nggk begitu ahli di bidang Desain,masih bisa lolos tidak?
    3.Kalo aktif organisasi waktu SMA itu pengaruh nggak sih buat SNMPTN ITB?
    4.Kalo soal biaya kuliah,di DKV kisaran brp ya kak?soalnya ekonomi keluarga saya tergolong pas2an.

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s